web stats
Pendidikan

Ustadz Irfan : di Persis Terdapat Mudir A’m dan Mudir Satuan

Pelantikan Mudir A'm dan Mudir Satuan Angkatan Mu'allimin dan Tsnawiyah PPI 19 Bentar Garut

RAKSAGARUTNEWS.COM – GARUT

Di dalam lingkungan Pesantren Persatuan Islam (Persis) itu ada yang namanya Mudir A’m dan ada yang namanya Mudir Satuan. Demikian dikatakan, Ketua Bidang Garapan Tarbiyah Pimpinan Pusat Persis, Ustadz DR. Irfan Safrudin sesaat setelah acara pelantikan Mudir A’m, Mudir Satuan Pesantren Persatuan Islam Bentar dan PPI Pasir Kiamis Pasirwangi di Aula PPI 19 Bentar, Jalan Guntur, Kelurahan Ciwalen, Garut Kota, Rabu (25/12/2019).

Mudir A’m itu adalah perwakilan Pimpinan Pusat Persis sebagai perekat Mudir Satuan yang merupakan kebijakan sistem khas Persis tidak ada kaitannya dengan aturan pemerintah. Untuk menjadi Mudir A’m, kata Irfan, harus anggota Persis lalu mempunyai jiwa kepemimpinan dan orang yang dituakan.

“Dalam artian bisa mengayomi dan tidak ada batasan untuk memimpin mau berapa priode juga, selama kepemimpinnya dianggap berhasil oleh para asatidz (guru-red),” tuturnya.

Lanjut Irfan menjelaskan bahwa Mudir A’m itu harus bisa merangkul, memperhatikan kesejahteraan dan harus bisa menyekolahkan Asatidz ke jenjang yang lebih tinggi, karena dituntut harus linier.

“Disisi lain seorang Mudir A’m harus menghidupi keluaganya disisi lain harus memperhatikan kesejahteraan para asatidz, padahal Mudir A’m itu tidak memiliki tunjangan,” ujarnya. Memang pengabdian Mudir A’m itu sangat besar sekali, perlu diberikan apresiasi,” imbuhnya.

Menurut Irfan dalam persyaratan untuk menjadi Mudir A’m tidak seketat dengan persyaratan untuk menjadi Mudir Satuan baik tsanawiyah maupun Mu’alimin, yang mana persyaratan Mudir Satuan itu memang berkaitan dengan aturan yang ditentukan pemerintah.

Ustadz Irfan: di Persis Terdapat Mudir A'm dan Mudir Satuan
Mudir A’m PPI 19 Bentar, H. Uban (Pakaian Coklat),Mudir Satuan Mu’alimin, Ustadz Kadar (Tengah), Mudir Satuan Tsanawiyah, Ustadz Ali

“Persyaratannya harus S1 keatas, sertifikasi dosen, sertifikasi kepala sekolah, kurang lebih ada 15 persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi Mudir Satuan,” ucapnya.

Adapun Mudir A’m dan Mudir Satuan yang terpilih di Pesantren Persatuan Islam 19 Bentàr untuk masa bakti 2020-2023, yakni Mudir A’m, H. Uban Subandi, Mudir Satuan untuk Tsanawiyah, Ustadz Ali Saukani S.Ag, sedangkan tingkat Mu’alimin, Ustadz Kadar Muttakin, Lc dan ustadz Dede Rahmat Mudir tsanawiyah Pesantren Pasir Kiamis Pasirwangi.

Acara tersebut dihadiri juga oleh Sekretaris Bidgar Tarbiyah, Ustadz DR. Asep Badru, Ketua PD Persis Garut Ustadz Ena S, Ketua PC Persis Garut Kota, Ustadz Tamim, para Asatidz dan tamu undangan lainnya. **Tadz**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker