web stats
Sosial, Seni dan Budaya

BPD Desa Wanajaya Monitoring Pencairan Dana PKH

Di Desa Wanajaya, Pencairan Dana PKH Dimonitoring BPD dan Pemerintah Kecamatan Wanaraja

RAKSAGARUTNEWS.COM – WANARAJA

Dalam pencairan tahap pertama tahun 2020 Program Keluarga Harapan ( PKH) di Desa Wanajaya , para KPM kini dapat mencairkan secara langsung bantuan dari Kemensos tersebut di BUMDes Wanajaya.

Pendamping PKH Desa Wanajaya, Yogi Mistraji mengatakan, sebanyak 245 Keluarga Penerima Manfaat ( KPM) di Desa Wanajaya tahun 2020 untuk tahap 1 sudah dicairkan, tahun ini pencairan dana PKH melibatkan kerja sama dengan BUMDes Desa Wanajaya. Kerja sama dengan BUMDes, menurutnya, dilakukan untuk membantu dan mempermudah para KPM dalam mengambil bantuan yang disalurkan oleh Pemerintah Pusat melalui Kemensos RI.

“Kerjasama dengan BUMDes Desa Wanajaya dilakukan, kebetulan sarana pendukung BUMDes Wanajaya memadai, selain itu juga memperingan para PKM yang sebelumnya mengambil bantuan atau pencairan di ATM di pingir jalan Raya Wanaraja dengan bedesakan dan beresiko,” tutur Yogi, Selasa (29/1/2020).

Selain itu KPM dipermudah karena jarak untuk mengambil bantuan lebih dekat, ujar Yogi, sebelumnya KPM mencairkan ke ATM di dekat kantor Kecamatan, saat ini pencairan bisa dilakukan di BUMDes.

“Kerjasama ini merupakan bentuk sinergitas serta menggangkat potensi lokal potensi BUMDes Wanajaya,” kata Yogi.

Yogi mengingatkan, para KPM agar mengunakan dana bantuan sesuai prioritas, antara lain pemenuhan kebutuhan Pendidikan, Kesehatan, pemenuhuan Gizi, Ibu Hamil dan Balita.

Dalam Proses Pencairan KPM di Desa Wanajaya nampak Pemerintah Kecamatan dan BPD melakukan monitoring pelaksanaanya.

Sekretaris Kecamatan Wanaraja, U. Lasmana menyampaikan, pihak Pemerintah Kecamatan berharap kepada para Keluarga Penerima Manfaat ( KPM) agar bantuan dari pemerintah tersebut digunakan sesuai dengan juklak dan juknis yang yang diarahkan oleh para pendamping PKH.

Sehingga, menurut Sekmat, program yang digulirkan oleh Pemerintah Pusat kepada KPM berjalan sesuai dengan harapan pemerintah, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program PKH.

Hal senada disampaikan Anggota BPD Desa Wanajaya, Iif Nurdin mengatakan, bantuan PKH merupakan bantuan bersyarat, para KPM hendaknya menggunakan bantuan sesuai juklak dan juknis.

“Selaku anggota BPD kami harap kepada Kemensos RI agar ada penambahan jumlah penerima KPM, tahun ini jumlah KPM di Desa Wanajaya ada peningkatan sebanyak 12 KPM baru, namun itu tidak sebanding dengan jumlah keluarga Miskin dan Rentan Miskin yang ada di Desa Wanajaya,” ujar IIf.

Iif menjelaskan, data dalam Basis Data Terpadu ( BDT), dari sebanyak 1.517 Kk yang ada di Desa Wanajaya, hanya 820 KK masuk dalam BDT.

Sedangkan dari data BDT, menurut Iif, sebanyak 820 KK hanya 245 yang mendapatkan program PKH, untuk bantuan Pangan Non Tunai sebanyak 222 KK atau KPM.

“Masih banyak warga miskin di desa kami yang belum tersentuh bantuan pemerintah,” tandas Iif Nurdin **RF**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker