web stats
Lingkungan Hidup

Forkopimcam Garut Kota Adakan Penghijauan di Bantaran Cimanuk

Dinilai Rawan Banjir, Forkopimcam Garut Kota Lakukan Penanaman Pohon di Bantaran Sungai Cimanuk

RAKSAGARUTNEWS.COM – GARUT

Guna mengantisipasi banjir, Pemerintah Kecamatan Garut Kota bersama unsur Forkopincam serta unsur masyarakat melaksanakan penghijauan dengan menanam 600 pohon di wilayah bantaran sungai Cimanuk, Kampung Sindangheula, Kelurahan Pakuwon, Garut Kota, Jum’at (10/1/2020).

Camat Garut Kota, Bambang Hafidz, M.Si mengatakan penghijauan tersebut merupakan program pusat langsung intruksi dari Presiden dan Kapolri.

“Pada hari ini secara nasional semua serentak menanam pohon, termasuk kita di kecamatan Garut Kota,” katanya. Dan kenapa kita mengambil lokasi di bantaran sungai Cimanuk, karena ini merupakan daerah rawan banjir,” imbuhnya.

Menurut Bambang, daerah Sindangheula merupakan area terdampak saat terjadi musibah banjir bandang. Pihaknya menilai, di lokasi tersebut sangat perlu untuk dijadikan lahan hijau.

“Makanya lokasi ini jadi target penghijauan kami, berikut daerah bantaran sungai Cimanuk yang lain seperti di Paminggir, dan daerah ini (Sindangheula), dulu punya pengalaman banjir bandang,” ucapnya.

Bambang menjelaskan, pohon yang ditanam untuk penghijauan sebanyak 600 pohon keras, seperti jenis pohon nangka, alpukat, durian dan lainnya.

Sementara itu Kapolsek Garut Kota, Kompol H.Uus Susilo menghimbau pada masyarakat sekitar agar menjaga dan melestarikan pohon yang ditanam.

Forkopimcam Garut Kota Adakan Penghijauan di Bantaran Cimanuk

“Tanaman ini sangat bermanfaat sekali untuk menahan bencana banjir terutama pengikisan dan erosi, karena semua sudah tahu sendiri sungai Cimanuk kemarin-kemarin mengalami banjir yang luar biasa. Makanya masyarakat harus menjaganya dan melestarikan pohon yang kami tanam,” ujarnya.

Kapolsek menambahkan, pohon yang ditanam selain bermanfaat untuk meengantisipasi banjir juga bermanfaat untuk perekonomian masyarakat. Karena, kata Kapolsek, pohon yang ditanam pohon-pohon jenis buah-buahan.

“Masyarakat silahkan kalau nanti pohon ini sudah besar dan menghasikan buah, masyarakat untuk menikmatinya,” pungkasnya. **Tadz**

Tag
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker