web stats
Sosial, Seni dan Budaya

Peksos Lakukan Assesment Penelantaran Anak di Wanaraja

Peksos Dinsos Garut: Kami akan Mencari Keluarga Inti Anak yang Ditelantarkan

RAKSAGARUTNEWS.COM – WANARAJA

Menanggapi beredarnya informasi mengenai kasus penelantaran anak di Kecamatan Wanaraja, Pekerja Sosial (Peksos) Dinas Sosial Kabupaten Garut langsung menyambangi lokasi kontrakan tempat anak bernama Idra itu saat ini tinggal, Rabu (22/01/2020).

Didampingi perangkat Desa Wanajaya, Babinsa, Kepala Dusun, anggota BPD, serta RT dan RW setempat, Ega Daiva Erturin dan Sopian selaku Peksos mendatangi lokasi bocah 3,5 tahun yang ditelantarkan orangtuanya di kampung Kudang RT/RW 03/04 Desa Wanajaya, Kecamatan Wanaraja.

Baca Juga: Ditelantarkan Orangtuanya, Indra Bocah 3,5 Tahun Hidup Dibawah Asuhan Orang Lain

Ega menyampaikan, pihak peksos mengadakan Cross Check ke lapangan, untuk melakukan asessment atau penilaian ketelantaran anak tersebut.

“Ketelantaran anak tidak hanya di jalanan tetapi ada juga anak yang di telantarkan di dalam rumah, seperti di rumah karena orangtuanya meninggalkan anak ,anak dititipkan ke seseorang baik keluarga atau bukan keluarga tanpa di penuhi kebutuhan dasar seperti keselamatan, pendidikan, pengasuhan, kasih sayang, kebutuhan nutrisi makanan dan pola asuh anak,” kata Ega Daiva Erturin di dampingi Sopian kepada media di sela-sela kegiatan assessment.

Mengenai langkah selanjutnya, menurut Ega, pihak Dinas Sosial akan mencari keluarga inti dari anak tersebut terlebih dahulu.

“Bila keluarga inti tidak sanggup merawat anak tersebut, maka tidak menutup kemungkinan anak tersebut akan dirawat atau diasuh oleh lembaga kesejahteraan sosial anak ( LKSA) atau rumah perlindungan anak,” singkat Ega. **Tim**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker