web stats
Pariwisata

Pikat Wisatawan, Situ Cangkuang Terapkan Sapta Pesona

Terapkan Sapta Pesona, Obyek Wisata Alam Dan Budaya Situ Cangkuang Bikin Takjub Pengunjung

RAKSAGARUTNEWS.COM – GARUT

Obyek Wisata Alam dan Budaya Situ Cangkuang banyak mengalami perubahan yang signifikan, baik dari segi kebersihan maupun segi sarana dan prasarana faktor penunjang obyek wisata. Bukan tanpa sebab, hal ini atas peran pihak pengelola yakni UPT Obyek Wisata Alam Situ Cangkuang dalam keseriusannya menerapkan sapta pesona.

Kepala UPT Obyek Wisata Alam dan Budaya Situ Cangkuang, Wawan Kulnaedi, SE menerangkan, Sapta Pesona merupakan kondisi yang harus diwujudkan dalam rangka menarik minat wisatawan berkunjung ke suatu daerah. Tujuh unsur dalam Sapta Pesona, kata Wawan, yakni bersih, aman, tertib, indah, ramah, sejuk dan kenangan.

“Kami bersama-sama dengan pegawai lainnya selalu melakukan giat bersih-bersih di sekitaran wilayah obyek wisata, yang mana tujuannya tak lain untuk menciptakan suasana nyaman agar para wisatawan semakin tertarik dan terpanggil untuk berkunjung ke obyek wisata ini,” katanya, Selasa (31/12/2019).

Untuk menarik para pengunjung, menurutnya tak hanya soal kebersihan saja, namun dalam hal keindahan pun turut diperhatikan.

Pikat Wisatawan, Situ Cangkuang Terapkan Sapta Pesona
Kepala UPT Obyek Wisata Alam dan Budaya Situ Cangkuang, Wawan Kulnaedi, SE

“Seperti sepanjang jalan di pulo, kami hiasi dengan dekorasi untuk memperindah suasana, serta di tempat itu pula kami bangun wahana untuk berselfi ria bagi para pengunjung tanpa dipungut biaya,” ucapnya.

Dibandingkan dengan hari biasa, menurut Wawan, musim liburan Natal dan Tahun Baru sekarang ini, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Obyek Wisata Alam dan Budaya Situ Cangkuang mengalami peningkatan.

“Kalau dipersentasekan kurang lebih 50 persen dibandingkan dengan hari biasa, jadi mengalami peningkatan pengunjung di musim libur Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.

Berbicara harga tiket, lanjut Wawan, untuk hari biasa harga tiket masuk anak-anak sebesar Rp. 5.000 dan pengunjung dewasa dikenakan tarif Rp. 7.500, sedangkan untuk musim liburan seperti halnya Natal dan Tahun Baru, harga tiket untuk anak Rp. 7.500 sedangkan dewasa Rp. 10.000.

“Itu sesuai dengan perda nomer 11 tahun 2016, jadi kami berpegangan pada peraturan daerah bukan dari kebijakan kami,” pungkasnya.

Pikat Wisatawan, Situ Cangkuang Terapkan Sapta Pesona
Tempat Berswafoto yang Disediakan Pengelola Semakin Menambah Pengunjung Betah

Dengan adanya banyak perubahan di Obyek Wisata Alam dan Budaya Situ Cangkuang, wisatawan yang berkunjung merasa betah dan nyaman menikmati wisata di Situ Cangkuang. Hal ini sebagaimana diungkapkan Neni (50) warga Perum Batu Nunggal, Kadungora yang berkunjung bersama keluarga.

“Terus terang kami merasa takjub melihat obyek wisata Situ Cangkuang beda dengan yang dulu kami lihat. Kebersihannya terjaga, fasilitas umum seperti toilet bersih dan sangat nyaman, terus para pedagang tertata rapih, pokoknya bagus dan mantap sekali Obyek Wisata Alam dan Budaya Situ Cangkuang,” ungkapnya.

“Bagi yang ingin berwisata tidak usah jauh-jauh, kunjungilah obyek wisata dan budaya Situ Cangkuang dijamin puas,” tandasnya. **Tadz**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker