web stats
Pemerintahan

Susun RKPD 2021, Kelurahan Ciwalen Gelar Musrenbang

Hadiri Musrenbang Kelurahan Ciwalen, Camat Garut Kota: Utamakan Skala Prioritas dalam Pelaksanaan Pembangunan

RAKSAGARUTNEWS.COM – GARUT

Pemerintahan Kelurahan Ciwalen, Kecamatan Garut Kota menyelenggarakan kegiatan Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) tingkat kelurahan yang dilangsungkan di Aula Kelurahan Ciwalen, Jalan Guntur, Ciwalen, Jum’at (10/1/2020).

Pada acara yang mengusung tema “Membangun Sumber Daya Manusia yang Berkwalitas dan Infrastruktur yang Mantap Disertai Perluasan Investasi Guna Peningkatan Daya Saing Daerah” tersebut, hadir Camat Garut Kota, Bambang Hafidz, M.Si, UPT PUPR Garut Kota, H. Undang, Kepala Kelurahan Ciwalen, Agus Tomy Sr beserta stafnya, Para RW dan tokoh Masyarakat.

Kepala kelurahan Ciwalen, Agus Tomy Sr menerangkan, Musrenbang itu sebagai wahana pengajuan pembangunan yang ada di wilayah masing-masing. Insya Alloh Pada Musrenbang tahun ini, kata Agus, ada suatu harapan untuk terealisasi terutama pembangunan yang berada di wilayah lingkungan karena ada dana kelurahan sebesar 1,3 miliyar.

“Selama pengajuan aspirasi pembangunan itu rasional dan masuk akal serta memang perlu untuk dibangun, insya Alloh akan kami akomodir. Dan itu untuk pembangunan yang berada di lingkungan bukan yang diluar lingkungan seperti kirmir sungai Ciwalen, Jalan Sumbersari dan lain sebagainya, itu bukan wewenang kami,” katanya. Itu merupakan wewenang Dinas terkait dalam hal ini PUPR,” imbuhnya.

Dan nantinya, tandas Agus, untuk pengerjaan pembangunan yang berada di dalam lingkungan, pihak lingkungan setempat yang mengelolanya.

“Kami persilahkan sepenuhnya pada kelompok masyarakat, yang mana ketuanya para RW masing-masing,” ucapnya.

Sementara itu Camat Garut Kota, Bambang Hafidz berpesan, agar di dalam pelaksanaan pembangunan diutamakan skala prioritas. “Pasti setiap ketua RW menginginkan ada pembangunan di wilayahnya, tapi dalam hal ini mesti didahulukan skala prioritas, mana yang mesti didahulukan untuk dibangun,” tuturnya.

Susun RKPD 2021, Kelurahan Ciwalen Gelar Musrenbang
Suasana Murenbang Kelurahan Ciwalen

“Ini sesuai dengan Permendagri Nomor 130 tentang Peraturan Alokasi Dana Kelurahan, sifatnya harus skala prioritas, yang mana di dalam pembangunan itu harus berdasarkan kebutuhan yang mendasar dan mendesak,” katanya.

Camat menambahkan, dalam pembangunan sarana dan prasarana harus menunjang indeks pembangunan manusia (IPM), baik itu dari segi aspek kesehatan, pendidikan dan peningkatan perekonomian masyarakat serta bisa menjawab persoalan yang ada di wilayah masing-masing.

“Kalau pembangunan sarana dan prasarana sudah memenuhi aspek-aspek menunjang pengembangan indeks pembangunan manusia, insya Alloh tidak akan ada keluhan-keluhan masyarakat yang ada justru masyarakat nyaman, sejahtera,” pungkasnya. **Tadz**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker