web stats
Event

BPS Garut Menggelar Rakor Kecamatan SP2020 di Pangatikan

Persiapan SP2020, BPS Garut Selenggarakan Rakor dengan Pemerintah Kecamatan Pangatikan

RAKSAGARUTNEWS.COM – PANGATIKAN

Badan Pusat Statistik Kabupaten Garut dan Pemerintah Kecamatan Pangatikan menggelar Rapat Kordinasi Kecamatan Sensus Penduduk 2020 di Aula Kecamatan Pangatikan, Jum’at (7/2/2020).

Camat Pangatikan, Hj. Titin Wartini, S.Sos dalam sambutannya menyampaikan, sensus penduduk ini merupakan sensus untuk kali ke-7 yang di lakukan oleh Pemerintah Pusat. Dikatakan Titin, sensus penduduk tahun 2020 akan dilakukan dalam dua tahap.

Titin Wartini berharap, agar sensus penduduk ini berjalan lancar dan sukses. “Kami sudah intruksikan kepada semua Kepala Desa di kecamatan Pangatikan agar membantu dalam mensosialisasikan, menginformasikan tentang pelaksanaan sensus Penduduk ( SP) 2020,” ujarnya.

Menurutnya, Pemerintah Desa harus ikut membantu mensosialisasikan ke masyarakat, melakukan sosialisasi baik dengan surat edaran, pembuatan spanduk ataupun menyampaikan informasi dalam setiap pertemuan, sehingga seluruh warga dapat disensus dan data yang disampaikan akurat.

“Data sensus penduduk itu sangat penting, kebijakan pemerintah pusat yang dibuat, terlebih dahulu melihat dari data Sensus BPS,” kata Camat Pangatikan.

BPS Garut Menggelar Rakor Kecamatan SP2020 di Pangatikan
Camat Pangatikan, Hj. Titin Wartini, S.Sos

Perlu diketahui, untuk pelaksanaan SP Online Mandiri, dari 8 desa yang ada di Kecamatan Pangatikan, jaringan internet di 7 desa cukup baik, namun di Desa Sukahurip jaringan internet atau sinyal internetnya masih kurang.

“Oleh karena itu, untuk Pelaksanan SP online mandiri di Desa Sukahurip kami akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait terutama PT Telkom dan BPS,” tandas Camat Pangatikan.

Kasi Statistik Produksi Badan Pusat Statistik Kab Garut, Asep Marwan S.ST, M.Si mewakili Kepala BPS Garut, Dody Gunawan Yusuf, S.Si dalam sambutan Rakor Kecamatan Sensus Penduduk di Kecamatan Pangatikan menuturkan, kegiatan kali ini merupakan sosialisasi pelaksanaan Sensus Penduduk (SP), Rapat Koordinasi Kecamatan Sensus Penduduk 2020 di Kecamatan Pangatikan.

“Kami (BPS) harap kegiatan Rakor Kecamatan SP yang dilaksanakan ini dapat berdampak langsung saat pelaksanaan sensus penduduk di lapangan nanti, saat dilakukan sensus penduduk warga sudah tahu kegiatan dan informasi SP ini,” kata Asep Marwan.

BPS Garut Menggelar Rakor Kecamatan SP2020 di Pangatikan
Kasi Statistik Produksi Badan Pusat Statistik Kab Garut, Asep Marwan S.ST, M.Si

Landasan dan dasar Hukum sensus penduduk tahun ini, menurut Asep, Perpres No 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, tercantum dalam Perpes No 62 Tahun 2009 Tentang Strategi Nasional Administrasi Kependudukan.

Dalam Pelaksanan SP, data diambil dari Adminduk (Administrasi Kependudukan) pusat, data dari bulan Juli 2019. Kegiatan SP kali ini lain dari pada yang lain, kata Asep Marwan, ada beberapa konsep dan metode yang berubah, sensus dilakukan dalam 2 tahap.

“Tahap pertama dilakukan sensus online mandiri mulai tanggal 15 Februari – 31 Maret 2020, sensus online mandiri bisa dilakukan dimana saja dengan mengunakan HP android, Laptop, Note Book, dan tahap kedua yaitu sensus wawancara/Interviu pada 1 Juli – 31 Juli 2020. Kami berharap pemerintah dan para PNS membantu dalam melaksanakan sensus online mandiri, perbaiki datanya, update datanya. Kami juga berharap satuan lingkungan setempat (RT/ RW/ Petugas Lingkungan) membantu dalam pelaksanaan sensus penduduk metode wawancara nanti,” ucapnya.

“Kami harap peserta yang hadir dalam Rapat Koordinasinasi ini ikut menyampaikan ke masyarakat yang lain, informasi tentang pelaksanaan SP agar disosialisasikan ke RT / RW,” harap Asep.

Koordinator Statistik Kecamatan Pangatikan, Asep Suryana menjelaskan, sensus penduduk yaitu bertujuan untuk mengetahui jumlah penduduk, pertumbuhan penduduk, persebaran penduduk, kepadatan penduduk, komposisi penduduk, masalah urbanisasi.

Lebih lanjut tujuan utama sensus penduduk tutur Asep, adalah menghasilkan data dasar kependudukan untuk keperluan perencanaan pembangunan dan sistem perstatistikan nasional.

Asep menambahkan, dalam pelaksanaan SP tahun 2020, peran Kepala Desa, peran kepala satuan lingkungan (RT/ RW) sangat penting dalam mensukseskan pelaksanaan SP 2020.

“Tanpa partisipasi penduduk, sensus tak bisa berjalan lancar,” pungkas Asep. **RF**

Tag
Show More

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker