web stats
Pemerintahan

Bupati Garut Buka Musrenbang Tingkat Kecamatan Wanaraja

Hadiri Musrenbang di Wanaraja, Bupati Garut: Rendahnya IPM Garut, Butuh Perhatian Serius

RAKSAGARUTNEWS.COM – WANARAJA

Dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Garut 2021, Pemerintah Kecamatan Wanaraja menggelar Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) tingkat kecamatan di Aula Kecamatan Wanaraja, Rabu (5/02/2020).

Dalam sambutannya, Camat Wanaraja, Ganda Permana mengaku, kehadiran Bupati Garut di kegiatan Musrenbang Kecamatan Wanaraja merupakan sebuah penyemangat dan motivasi.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Wanaraja menyampaikan berbagai data di kecamatan yang dipimpinnya itu, mulai data tingkat kemiskinan di Kecamatan Wanaraja yang mencapai 15% hingga angka pengangguran sebanyak 1.212 jiwa dari total jumlah penduduk 51 Ribu jiwa.

Untuk kondisi infrastruktur, menurut Ganda, terdapat sejumlah fasilitas pendidikan yang rusak berat, 16 jembatan kecil atau jembatan bambu yang ingin di buat jembatan permanen serta 1.688 KK yang belum memiliki fasilitas listrik sendiri.

“Itulah beberapa kondisi faktual di Kecamatan Wanaraja, semoga ini menjadi bahan dalam musrenbang ini,” kata Ganda Permana.

Bupati Garut, Rudy Gunawan dalam sambutannya menuturkan, angka IPM (Indeks Pembangunan Manusia) Kabupaten Garut masih rendah. Rendahnya daya beli masyarakat Garut membutuhkan perhatian yang serius, dengan pendapatan perkapita hanya 1,8 Juta perbulan, imbuh Bupati, idealnya 6 Juta perbulan.

“Tantangan kita IPM dan kemiskinan fokus kita kedepan,” kata Bupati.

Khusus untuk wilayah Kecamatan Wanaraja, menurutnya, beberapa pekerjaan akan dikerjakan Pemda Garut, diantaranya menuntaskan perbaikan dan pelebaran jalan menuju Talagabodas, normalisasi aliran sungai Cirujit, pembangunan jalan Baru GSW dengan lebar 15 meter serta penanganan limbah dan sampah di Kecamatan Wanaraja.

Bupati Garut Buka Musrenbang Tingkat Kecamatan Wanaraja
Desa Sindangmekar Mendapatkan Piagam Penghargaan atas Penyelenggaraan Musrenbang Tingkat Desa Terbaik se-Kecamatan Wanaraja

Tak hanya itu, kata Bupati, pihaknya telah melakukan pembelian lahan parkir untuk desa wisata religius makam Eyang Papak atau Pangeran Papak di Desa Cinunuk, sehingga menurut Bupati, wisatawan yang berkunjung akan merasa nyaman dalam memarkirkan kendaraan di lokasi wisata tersebut.

Rudy Gunawan dalam kesempatan tersebut menyampaikan, pihaknya menyediakan hadiah berupa mobil untuk kecamatan dan motor untuk desa yang membuat dokumen perencanaannya paling baik.

“Yah untuk kecamatan dan desa/kelurahan, yang dokumen perencanaannya baik,” kata Rudy Gunawan.

Dalam musrenbang tingkat Kecamatan Wanaraja tersebut tampak hadir Kepala BAPPEDA, Kepala Dinas Pendidikan, para Anggota DPRD Garut dari daerah pemilihan 1, diantaranya Cucu Suhendar dari fraksi Demokrat, Lulu Gandi fraksi Gerindra, Ayi Suryana fraksi PPP, Ihat Solihat fraksi PKB, Dede Salahudin dari fraksi PKS serta Nadiman dari fraksi Golkar. Selain itu tampak hadir pula Kapolsek dan Danramil Wanaraja, para kepala UPT, para kepala Desa, Karang Taruna, KNPI, para Ketua BPD, Ketua MUI dan tokoh masyarakat Wanaraja lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga berkesempatan memberikan piagam penghargaan kepada Pemerintah Desa Sindangmekar, Kecamatan Wanaraja atas penyelenggaraan Musrenbang tingkat desa terbaik se-Kecamatan Wanaraja. **RF**

Tag
Show More

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker