web stats
PemerintahanRaksa Desa

Dalam Membangun, Desa Jayaraga Prioritaskan Peningkatan SDM

Kades Jayaraga, Samsakti: Peningkatan SDM jadi Prioritas Utama di Desa Jayaraga

RAKSAGARUTNEWS.COM – GARUT

Peningkatan Sumber Daya manusia menjadi prioritas utama kepemimpinan Samsakti Alamsyah di dalam menjabat Kepala Desa Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul, Garut priode 2019-2025.

Dikatakan Samsakti, era globalisasi seakan memberikan arus teknologi dan informasi serta mobilitas sumberdaya manusia dari satu tempat ke tempat lain, salah satu pengembangan SDM yang harus dilakukan adalah melalui pendidikan.

Pendidikan sangat penting dalam mengembangkan SDM, karena pengetahuan akan diperoleh salahsatunya dengan pendidikan. Orang yang tingkat pendidikannya rendah, kata dia, cenderung tidak memiliki kemampuan dalam bekerja. Perusahaan pun pada dasarnya menyeleksi calon karyawan dilihat dari tingkat pendidikannya.

Di Kabupaten Garut sendiri menurut dia, angka kemiskinan yang terjadi masih sangat tinggi. Salah satu faktor yang menyebabkannya adalah rendahnya tingkat pendidikan masyarakat, sehingga tidak memiliki pekerjaan dan meningkatkan angka pengangguran.

“Oleh karena itu, pemerintah mengupayakan adanya wajib belajar 9 tahun untuk membentuk SDM yang berkualitas di masa mendatang,” ucap Samsakti disela-sela kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan Tarogong Kidul, Selasa (4/2/2020).

Namun Sam menyayangkan mahalnya biaya pendidikan, menurut penilaiannya, hal ini merupakan salahsatu kendala untuk menuntaskan pendidikan 9 tahun, terutama biaya pendidikan di tingkat SLTA, yang berdampak kepada rendahnya nilai IPM pendidikan Kabupaten Garut.

“Kemudian, masyarakat dengan tingkat pendidikan rendah namun memiliki keterampilan, insya Alloh akan dikembangkan melalui UKM atau Usaha Kecil Menengah yang akan kami lakukan di desa Jayaraga,” pungkasnya. **Tadz**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker