web stats
Kesehatan

Kapus DTP Leuwigoong Tingkatkan Mutu Pelayanan Via Pogram RBA

Tiga Pogram RBA untuk Mutu Pelayanan Puskesmas Leuwigoong

RAKSAGARUTNEWS.COM – LEUWIGOONG

Demi meningkatkan mutu pelayanan di Puskesmas DTP Leuwigoong Kabupaten Garut sebagai  Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), Kepala Puskesmas tersebut, Arif Rahman Hidayat, S.SI, APT., semenjak bertugas pada pertengahan September 2019, ia  segera membenahi tertib administrasi keuangan, serta merencanakan Pengembangan Jenis Pelayanan, Peningkatan Sarana Prasarana Pelayanan, serta Peningkatan Mutu SDM Pelayanan melalui Pogram RBA.

Perlu diketahui berdasarkan sumber, Pogram Rencana Bisnis dan Anggaran (Pogram RBA) dibagi menjadi tiga yaitu Program Utama, Program Pendukung, dan Program Pengembangan.

Yang dimaksud dengan Program Utama, adalah program yang terkait dengan layanan kesehatan perorangan dan masyarakat dengan indikatornya sudah ditentukan dalam Standar Pelayanan Minimum (SPM). Program Pendukung merupakan program pendorong program utama sarana prasarana, SDM, dan sistem manajemen. Program Pengembangan adalah program yang sudah sesuai dengan target SPM yang ada.

Tiga Pogram RBA untuk Mutu Pelayanan Puskesmas Leuwigoong
Arif Rahman Hidayat, S.St., APT., Kepala Puskesmas Leuwigoong

Mengacu kepada hal tersebut, Arif Rahman Hidayat menyampaikan, sejak bertugas pada pertengahan September 2019 menjadi Kapus DTP Leuwigoong, pertama membenahi tertib administrasi keuangan dari per unit pelayanan menjadi 1 (satu) kasir  dengan menerapkan pola pengelolaan keuangan yang fleksible menonjolkan produktivitas, efisiensi dan efektivitas, sebagaimana proses pengelolaan keuangan BLUD harus sesuai dengan tata aturan/kebijakan pengelolaan seperti tercantum dalam UU Perbendaharaan Negara.

Berikutnya, kata Arif, dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan di Puskesmas DTP Leuwigoong sebagai  Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), maka kami harus mengadakan program pengembangan jenis pelayanan, seperti menata ruang waktu tunggu, baik  di unit pendaftaran,  maupun di ruang obat, sehingga memberikan kepuasan kepada para pasien.

Selain itu, ujarnya, untuk lebih meningkatkan mutu pelayanan di Puskesmas DTP Leuwigoong sebagai  BLUD, harus ada peningkatan program pendukung yang merupakan program pendorong program utama ‘Sarana Prasarana Pelayanan’ seperti membangun Ruang Kesling, ASI, Promkes, dan Musola.

Di samping hal tersebut, imbuhnya, demi meningkatkan kinerja para pelaksana teknis kesehatan di Puskesmas DTP Leuwigoong sebagai  Badan Layanan Umum Daerah, sangat dipandang perlu meningkatkan Mutu Sumber Daya Manusia (SDM) Pelayanan, melalui program pendukung, yakni program pendorong program utama SDM dan sistem manajemen. Salahsatunya melakukan perekrutan karyawan bidang akutansi dan farmasi.  ℗Darma.

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker