web stats
Aneka Peristiwa

Legislator Garut Dapil II Ikuti Rakor Bahas DOB Limbangan

Persiapan DOB Limbangan, Anggota DPRD Garut Dapil II Ikuti Rakor dengan PM Gatra dan Sejumlah Pihak

RAKSAGARUTNEWS.COM – LIMBANGAN

Dalam rangka membahas persiapan DOB Kabupaten Limbangan, sejumlah anggota DPRD Garut asal Dapil (Daerah Pemilihan) 2 mengikuti Rapat Kordinasi bersama Forkonas, PM GATRA, KPP DOB Limbangan serta Komisi 1 DPRD Kabupaten Garut bertempat di Aula PT Noor Abika Tour Limbangan, Sabtu (08/02/2020).

Dalam kesempatan tersebut tampak hadir 6 orang anggota DPRD Kabupaten Garut, yakni Taopik hidayat dari PAN, Yayu Siti Saproh dari Partai Demokrat, Ade Husna dari PPP, Agus Hamdani dari PPP, Deden dari Partai Golkar serta Yayu dari Gerindra.

Ketua PM Gatra, Holil Akhsan Umar Zein mengatakan, pertemuan ini semoga menjadi semangat dalam mewujudkan pembangunan, mengembalikan masa kejayaan Kabupaten Limbangan, imbuh Holil, “Limbangan Ngadaun Ngora”.

“Terimakasih kepada para anggota DPRD Garut dapil 2 yang sudah care (peduli) akan perjuangan DOB Kabupaten Limbangan, kami sangat percaya diri dengan kelayakan dan sarat DOB dibandingkan 16 Daerah Calon DOB yang diusulkan ke pemerintah pusat,” ucapnya.

Garut utara merupakan daerah strategis sehingga, menurutnya, tidak menutup kemungkinan dapat menjadi daerah metropolitan, fasilitas serta jalur penghubung dengan berbagai daerah, seperti Kabupaten Sumedang, Tasikmalaya dan Bandung.

“Mari kita Lakukan FS (Feasibility Study) kelayakan daerah Garut utara menjadi Daerah Otonomi Baru Kabupaten Limbangan,” ajaknya.

Masih menurut Holil Aksan Umar Zein, Garut itu idealnya menjadi tiga Daerah, yakni Kabupaten Garut Selatan, Kota Garut dan Garut Utara (Kabupaten Limbangan).

“Kabupaten Limbangan itu pernah ada dan kami berharap kejayaan Limbangan dapat kembali terwujud dengan DOB Kabupaten Limbangan,” ujar Holil.

Sementara itu Penasehat PM Gatra, Adang Hambali mengatakan, sejak awal deklarasi pembentukan DOB Kabupaten Limbangan harus diniatkan karena badah dan untuk mensejahterakan masyarakat di daerahnya.

Pembentukan DOB adalah proses politik, dengan rencana pemerintah membuka moratorium pembentukan DOB, maka kata Adang, proses politik itu merupakan pintu masuk DOB Kabupaten Limbangan.

“Kami sangat apresiasi para anggota dewan yang membantu proses politik di daerah untuk mendorong bersama pembentukan DOB Kabupaten Limbangan, pertemuan ini merupakan bagian proses politik, niatkan untuk mensejahterakan masyarakat,” kata Adang Hambali.

Sebelumnya Bupati Garut Mendukung pembentukan DOB Kab Limbangan.

Anggota DPRD Kabupaten Garut, Agus Hamdani menyampaikan, pada prinsipnya kehadiran 6 Anggota DPRD Kabupaten Garut dari dapil 2 ini merupakan bentuk kesiapan dalam mengawal dan memperjuangkan aspirasi masyarakat. Lanjut Agus menambahkan, dari sebanyak 50 anggota DPRD Garut tidak ada satupun yang menolak DOB, dewan itu kolektif kolegial, aspirasi masyarakat ini kita perjuangkan.

“Perjuangan ini sudah hampir 8 tahun lebih mari kita bersama-sama mendorong dan mendukung proses DOB Kabupaten Limbangan. Kami harap sebelum pembahasan anggaran pada April 2020, DOB Kabupaten Limbangan sudah dibahas di pimpinan dan sudah bisa diparipurnakan seperti DOB Kabupaten Garut Selatan, mari kita kawal bersama proses politik ini,” ucap Agus.

Bayu Risnandar dari Forkonas Calon Daerah Baru mengatakan sangat aneh bila Garut Utara atau Kabupaten Limbangan tidak bisa dimekarkan, daerah ini memiliki berbagai potensi dan kelayakan menjadi daerah otonom baru, action dan proses politik yang perlu dimaksimalkan.

“Persyaratan pembentukan DOB, persyaratan administrasi, kewilayahan, kapasitas Daerah dan Pemerintah Pusat yang akan menentukan,” kata Bayu Risnandar.

Maka kata Bayu, sebaiknya segera usulkan ke dewan terlebih dahulu baik persyaratan administrasi, persetujuan bersama DPRD dan Bupati harus disegerakan.

“Limbangan Ngadaun Ngora harus menjadi motivasi, dan para Anggota DPRD juga punya hak inisatif untuk mengajukan Persetujuan DPRD dan Bupati,” singkatnya. **RF**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker