web stats
Raksa Desa

Program Desa Sejahtera Astra dan Pembinaan Petani Muda IPB

Program Desa Sejahtera dan Pembinaan Petani Muda, Bentuk Kolaborasi Apik Astra dan IPB

RAKSAGARUTNEWS.COM – GARUT

Kegiatan Desa Sejahtera Astra dan Pembinaan Petani Muda IPB adalah kolaborasi antara Astra International dengan IPB University melalui Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir untuk mengakselerasi pembangunan desa berbasis potensi lokal yang dapat memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat desa melalui pengembangan Prukades (Produk Unggulan Kawasan Pedesaan).

Kegiatan ini juga disinergikan dengan program one village one product dan one village one CEO yang di inisiasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan IPB. Kegiatan dilaksanakan di 6 Kabupaten dan 53 desa, yang meliputi 15 desa di Kabupaten Garut, 11 Desa di Kabupaten Cianjur , 5 Desa di Kabupaten Bandung, 5 Desa di Kabupaten Bogor 5 dan 10 desa di Kabupaten Sukabumi.

Produk unggulan kawasan perdesaan yang dikembangkan adalah penggemukan sapi dan pengolahan kopi di Kabupaten Garut, pengembangan hijauan pakan ternak di Kabupaten Garut dan Subang, pengembangan hortikultura di Kabupaten Garut, Bandung, Sukabumi, dan Cianjur. Sedangkan produk unggulan lain yang dikembangkan adalah pengolahan padi di Kabupaten Bogor dan pengolahan pakan ikan dan tepung ikan dari limbah pengolahan ikan di Kabupaten Subang.

Dalam program ini, Astra Internasional berperan sebagai pihak yang memfasilitasi pelatihan dan pendampingan serta memberikan bantuan peralatan. IPB berperan sebagai pihak yang melaksanakan pelatihan, pendampingan melalui para mahasiswa/lulusan yang telah dilatih menjadi calon CEO dan pembukaan akses pasar dan permodalan. Hal ini merupakan wujud dari visi IPB menjadi techno-socioentrepreneurial university. Pemerintah daerah berperan untuk memfasilitasi Astra Internasional dan IPB dengan pihak desa, serta membantu dalam hal pendampingan kegiatan.

Secara umum kegiatan yang telah dilaksanakan terdiri dari penguatan kelembagaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), kemitraan BUMDes dengan petani mitra, peningkatan kapasitas petani mitra dan fasilitasi pemasaran dan permodalan. Perusahaan yang sudah siap untuk menjadi offtaker, terutama untuk pemasaran produk hortikultura adalah Paskomnas, Rallali.com, PT. Raja Tani, PT. Malika Khatulistiwa, PT. Agri San, dan lain-lain.

Program ini merupakan model yang mendorong inklusi petani, pelaku UMKM dan masyarakat desa melalui BUMDes ke dalam ekosistem ekonomi digital melalui platform yang disediakan oleh Ralali.com, yang menjadi salah satu offtaker untuk pemasaran produk-produk hasil pertanian sekaligus supplier penyediaan barang kebutuhan sehari-hari (sembako) serta sarana produksi pertanian (saprotan) di desanya masing-masing. Selain itu, dalam program ini akan mendukung pembiayaan petani, BUMDes dan pelaku ekonomi desa lainnya melalui Fintech.

Secara khusus untuk kegiatan di Kabupaten Garut, Astra Internasional memberikan bantuan berupa sapi bakalan sebanyak 10 ekor dan produk inovasi mahasiswa IPB (Crop Hero Kandang- sebuah piranti cerdas berbasis Internet of Thing untuk memonitor parameter-parameter lingkungan), kebun bibit hijauan pakan ternak dan mesin pencacah rumput yang diberikan melalui BUMDes Bersama Jaya Sejahtera Kecamatan Tarogong Kaler. Melalui program ini diharapkan BUMDes Bersama dapat menjual sapi hasil penggemukan dari hijauan pakan yang berkualitas sehingga akan memperoleh nilai tambah dan meningkatkan pendapatan peternak Sapi.

Selain itu, Astra Internasional memberikan bantuan berupa smart green house sebanyak tiga unit dan satu unit refractometer Brix untuk mengukur kualitas kopi yang diberikan kepada BUMDes Bersama di Kecamatan Cikajang. Kegiatan pengembangan kopi berfokus pada pengembangan yellow bourbon dengan nilai 90+ bekerjasama dengan Rumah Kopi Ranin dan Sekolah Kopi IPB. Program ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi kopi milik petani, sehingga bisa meningkatkan pendapatan petani kopi.

Sementara itu, Astra Internasional juga memberikan bantuan berupa peralatan dan sarana produksi untuk bagi BUMDes bersama yang bergerak dibidang pengembangan hortikultura. Program hortikultura difokuskan pada kerjasama pemenuhan kebutuhan sayur baik melalui penjualan online maupun offline.

Dalam acara ini di-launching pula seller panel BUMDes bersama Jaya Sejahtera dalam platform Ralali.com yang akan menjual kebutuhan sarana produksi pertanian dan sembako bagi warung sekitar desa dan para petani mitra. Sistem dijalankan untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas karena semua record transaksi dapat dipantau dengan mudah.

Untuk permodalan usaha, akan diinisiaasi pendanaan melalui fintech untuk kegiatan trading dan pembiayaan dari KUR pertanian atau sumber lain untuk modal produksi. Kegiatan Desa Sejahtera Astra dan Petani Muda di Kabupaten Garut akan di damping oleh 3 orang CEO yang merupakan alumni IPB yang akan bertugas untuk mendampingi kegiatan peningkatan kapasitas produksi, kegiatan budidaya, pasca panen maupun pemasaran.

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor IPB dan jajarannya, manajemen Astra International, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat, Wakil Bupati Kabupaten Garut beserta dinas terkait beserta para pengurus BUMDes dan petani mitra. **Tadz**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker