web stats
Event

Sambut HJG ke-207 dan HPN, IJTI Garut Gelar Kegiatan Sapa Desa

IJTI Korda Garut Adakan Kegiatan Sapa Desa, Bedah Informasi Desa, Jurnalis Mengabdi

RAKSAGARUTNEWS.COM – GARUT

Awak Jurnalis yang terhimpun dalam Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Korda Garut menggelar kegiatan Sapa Desa yang dikemas dalam sebuah tema “Bedah Informasi Desa, Jurnalis Mengabdi” di Gedung Serbaguna Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi, Garut, Senin (10/02/2020).

Ketua IJTI Korda Garut, Ihin Solihin yang akrab disapa Kang Boi menyampaikan, kegiatan ini merupakan rangkaian acara Hari Jadi Garut ke-207 dan Hari Pers Nasional. Menurut Boi, kegiatan Sapa Desa “Bedah Informasi Desa, Jurnalis Mengabdi” ini direncanakan akan digelar di 33 desa di Kabupaten Garut.

“Ya rencananya di 33 Desa di lima zona, ini bertujuan untuk memberikan informasi serta pemahaman kepada warga masyarakat dalam mengelola dan memanfaatkan informasi, media Informasi dan media sosial,” ujarnya.

Dengan harapan, agar warga bijak dalam mengunakan media informasi khususnya dalam mengunakan media sosial, sehingga menurut dia, warga tahu mana informasi atau berita yang baik dan mana berita hoax, sehingga warga tidak ikut-ikutan dalam menyebar berita hoax.

Sambut HJG ke-207 dan HPN, IJTI Garut Gelar Kegiatan Sapa Desa
Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Korda Garut, Ihin Solihin

“Kami harap, ketika warga atau masyarakat menerima informasi atau berita dari media sosial agar melakukan cross check, searching di Google, bila ragu akan berita atau informasi tersebut sebaiknya jangan disebar. Sehingga kita terhindar ikut-ikutan dalam menyebar berita bohong (Hoax), menyebarkan berita hoax bisa dijerat dengan UU ITE,” tandas Boi.

Sementara itu, Kepala Desa Sukasenang Kecamatan Banyuresmi, Iwan Ridwan mengucapkan rasa terimakasihnya kepada sahabat dan rekan-rekan jurnalis, khusunya para awak media yang tergabung di Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Korda Garut yang berkenan menggelar acara di desanya.

“Informasi dan pemahaman yang diberikan oleh para awak media, Diskominfo dan DPMD Garut sangat bermanfaat bagi warga kami. Acara Garut Sapa Desa, Bedah Informasi Desa, Jurnalis Mengabdi dalam rangka hari jadi Garut ke-207 dan Hari Pers Nasional ini diikuti oleh para Anggota BPD, perangkat desa, para kader PKK, tokoh masyarakat Desa Sukasenang,” ucap Iwan.

Iwan menambahkan, kegiatan ini sangat bagus sehingga kami mendapat pengetahuan tentang informasi dan bisa bijak dalam mengunakan media sosial. Menurutnya, kegiatan yang baru pertama kali digelar ini, merupakan bentuk silaturahmi serta sinergitas antara para awak media dengan Pemerintah Desa Sukasenang.

“Kami sangat dekat dengan para wartawan atau jurnalis,” kata Iwan Ridwan. **RF**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker