web stats
Raksa Desa

SDM dan Unit Usaha BUMDes Jadi Sasaran Pemdes Sukamukti

Pemdes Sukamukti Berdayakan BUMDes Via SDM dan Unit Usaha BUMDes

RAKSAGARUTNEWS.COM – SUKAWENING

Sebagaimana pernyataan Undang-Undang Desa, bahwa Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dapat didirikan sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa, maka Kades Sukamuti Kecamatan Sukawening Garut, H. Tjetjep Sopyan Harun, SH., kali ini dalam rangka berupaya untuk menumbuh kembangkan BUMDes Sukamukti sebagai pilar kegiatan ekonomi di desa tersebut yang berfungsi sebagai social institution (lembaga sosial) dan commercial institution (lembaga komersial), menitik beratkan kepada Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai pengelolanya, dan membentuk unit usaha BUMDes demi pengembangannya.

Menurut H. Tjetjep, yang dimaksud dengan ”kebutuhan dan potensi desa” berdasarkan Undang-Undang Desa, diantaranya tersedianya sumber daya manusia yang mampu mengelola badan usaha sebagai aset penggerak perekonomian masyarakat, dan adanya unit-unit usaha yang merupakan kegiatan perekonomiannya.

Untuk hal tersebut, kata H. Tjetjep, dalam rangka memberdayakan BUMDes Sukamukti yang berfungsi sebagai lembaga sosial, dan lembaga komersial, perlu sekali adanya penyegaran kepengurusan dengan merekrut SDM yang profesional, serta membentuk unit usaha BUMDes.

Maka dari itu, ujar H. Tjetjep, hasil dari Musrenbangdes Sukamukti, dalam rangka memberdayakan kembali BUMDes Sukamukti, yakni harus ada penyegaran kepengurusan BUMDes dan penambahan modal.

Mengenai kepengurusan BUMDes Sukamukti, kata H. Tjetjep, tentunya kami harus mempersiapkan kepengurusan dengan SDM yang profesional dan benar-benar sudah terbukti kinerjanya.

“Maka, berdasarkan kesepakatan hasil musyawarah, kami sepakat, pengurus Koperasi Sukamukti diangkat menjadi pengurus baru BUMDes Sukamukti. Karena pengurus koperasi tersebut, dedikasi dan loyalitasnya benar-benar telah terbukti,” ungkap H. Tjetjep.

Selanjutnya, ucap H. Tjetjep, Koperasi Sukamukti  kami masukan ke dalam unit usaha BUMDes.

“Mudah-mudahan saja dengan adanya penyegaran kepengurusan BUMDes dengan adanya penambahan modal, serta Koperasi Sukamukti  yang dijadikan bagian dari BUMDes Sukamukti, sesuai dengan tujuan berdirinya BUMDes,” pungkas H. Tjetjep. ℗Darma.

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker