web stats
InformasiKesehatan

Himbauan Lurah Ciwalen Perihal Upaya Pencegahan Covid-19

Ini Himbauan Lurah Ciwalen Agus Tomi pada Masyarakat Tentang Pencegahan Penyebaran Covid-19

RAKSAGARUTNEWS.COM – GARUT

Pemerintah Kelurahan Ciwalen Kecamatan Garut Kota memberikan himbauan pada masyarakat dalam rangka pengurangan dan pencegahan penyebaran Virus Corona atau Covid-19, Minggu (22/3/2020).

Lurah Ciwalen, Agus Tomi SR menerangkan, penyebaran Virus Corona atau Covid-19 melalui cairan tubuh, bisa lewat bersin dan bisa juga lewat air liur. Adapun untuk memutus mata rantai atau mengurangi penyebaran Virus Corona, menurut Agus, antara lain: pertama pastikan tempat berdagang dan bekerja dalam keadaan tetap bersih dan senantiasa persiapkan tisu dan masker.

Kedua, kata Agus, beristirahatlah jika kondisi badan sedang tidak fit, hindari berkumpul-kumpul dan hindari bepergian baik dekat maupun jauh, karena jika kondisi badan sedang tidak fit daya imunnya lemah.

Selanjutnya Agus menghimbau, agar senantiasa dibiasakan perilaku hidup bersih dan sehat. “Cuci tangan setelah melakukan aktivitas dengan sabun, makanlah makanan bergizi, perbanyak mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan jangan mengkomsumsi daging yang belum dimasak dan hindari juga kontak dengan hewan,” ujarnya.

Diakhir Agus Tomi berpesan pada masyarakat supaya jangan panik dan harap tenang dan jika merasa kurang sehat dan mengalami demam 38 derajat celcius disertai batuk dan pilek, istirahatlah yang cukup di rumah dan bila perlu, minum obat. Jika keluhan tidak kunjung reda dan mulai muncul sesak napas, segera berobat ke fasilitias kesehatan atau faskes terdekat.

Lanjut Agus, saat berobat ke faskes, gunakan masker selama di perjalanan dan selama menunggu giliran diperiksa dokter.

“Apabila tidak memiliki masker, ikuti etika batuk dan bersin yang benar, yaitu dengan tidak menutup mulut menggunakan telapak tangan melainkan dengan siku bagian dalam,”pungkasnya. **Tadz**

Tag
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker